Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
logo mahkamah agung website ramah difable
Pen­gadi­lan Agama Pekan­baru Siap Akred­i­tasi Pen­jam­i­nan Mutu Peradi­lan Agama Pimp­inan dan Aparatur Pen­gadi­lan Agama Pekan­baru
Klas I-​A Siap Men­er­ap­kan dan Melak­sanakan Akred­i­tasi Pen­jam­i­nan Mutu Peradi­lan Agama
Kata Pen­gan­tar Ketua Pen­gadi­lan Agama Pekan­baru Puji syukur kita pan­jatkan kehadi­rat kehadi­rat ALLAH SWT atas segala limpa­han rah­mat dan hidayah­Nya sehingga den­gan karu­ni­aNya Pen­gadi­lan Agama Pekan­baru bisa mewu­jud­kan cita-​citanya untk launch­ing Web­site Resmi Pen­gadi­lan Agama Pekan­baru den­gan ala­mat www​.pa​-pekan​baru​.go​.id. Kami berharap semoga den­gan adanya web­site ini bisa mem­beri dampak posi­tif di masyarakat untuk mem­berikan akses bagi para pen­cari kead­i­lan…
Cara Mudah Telusuri Perkara Den­gan diter­bitkan­nya Surat Edaran Direk­tur Jen­deral Badan Peradi­lan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 ten­tang Admin­is­trasi Pen­gadi­lan Berba­sis Teknologi Infor­masi maka peran Aplikasi Sis­tem Infor­masi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.4), selan­jut­nya dise­but seba­gai SIPP, men­jadi semakin pent­ing dan dian­dalkan untuk proses admin­is­trasi dan penye­di­aan infor­masi baik untuk pihak inter­nal, maupun pihak ekster­nal pen­gadi­lan. Pen­gun­jung dapat melakukan penelusuran data perkara (jad­wal sidang sam­pai den­gan putu­san) melalui aplikasi ini.
Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Infor­masi pub­lik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diak­ses secara online, seperti : Info Perkara, Direk­tori Putu­san, SIPP ( Sis­tem Infor­masi Penelusuran Perkara), SIADPA ( Sis­tem Admin­is­trasi Perkara Peradi­lan Agama), SIAD­TUN (Sis­tem Admin­is­trasi Perkara Peradi­lan Tata Usaha Negara), SIAD­MIL (Sis­tem Admin­is­trasi Perkara Peradi­lan Militer), serta sis­tem pen­gad­uan pada Bagian Pen­gawasan, sehingga masyarakat bisa mem­per­oleh infor­masi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.

Tem­plate Web­site ini meru­pakan stan­darisasi web­site untuk selu­ruh badan peradi­lan di bawah naun­gan Mahkamah Agung RI

Fokus Pengumuman

________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Artikel / Makalah Hakim








_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Berita Terkini

Artikel

ALUR PEN­GAD­UAN

Tata Cara Pen­gad­uan diatur dalam Per­at­u­ran Mahkamah Agung RI Nomor 9

Tahun 2016

Ten­tang

PEDO­MAN PENANGANAN PEN­GAD­UAN (WHISTLE­BLOW­ING SYS­TEM) DI MAHKAMAH AGUNG DAN BADAN PERADI­LAN YANG BERADA DIBAWAHNYA.

Pen­gad­uan dapat dis­am­paikan melalui:
a. aplikasi SIWAS MA-​RI pada situs Mahkamah Agung;
b. layanan pesan singkat/​SMS;
c. surat elek­tronik (e-​mail);
d. fak­sim­ile;
e. tele­pon;
f. meja Pen­gad­uan;
g. surat; dan/​atau
h. kotak Pengaduan

Dalam hal Pen­gad­uan dia­jukan secara lisan;
a. Pela­por datang meng­hadap sendiri ke meja Pen­gad­uan, den­gan menun­jukkan inden­ti­tas diri.
b. petu­gas meja Pen­gad­uan mema­sukkan lapo­ran Pen­gad­uan ke dalam aplikasi SIWAS MA-​RI
c. petu­gas meja Pen­gad­uan mem­berikan nomor reg­is­ter Pen­gad­uan kepada Pela­por guna mem­o­n­i­tor tin­dak lan­jut penan­ganan Pengaduan.

Dalam hal Pen­gad­uan dilakukan secara ter­tulis, memuat:
a. iden­ti­tas Pela­por;
b. iden­ti­tas Ter­la­por jelas;
c. per­bu­atan yang diduga dilang­gar harus dilengkapi den­gan waktu dan tem­pat keja­dian, alasan penyam­pa­ian Pen­gad­uan, bagaimana pelang­garan itu ter­jadi mis­al­nya, apa­bila per­bu­atan yang diadukan berkai­tan den­gan pemerik­saan suatu perkara, Pen­gad­uan harus dilengkapi den­gan nomor
perkara;
d. meny­er­takan bukti atau keteran­gan yang dapat men­dukung Pen­gad­uan yang dis­am­paikan mis­al­nya, bukti atau keteran­gan ini ter­ma­suk nama, ala­mat dan nomor kon­tak pihak lain yang dapat dim­intai keteran­gan lebih lan­jut untuk mem­perkuat Pen­gad­uan Pela­por; dan
e. petu­gas Meja Pen­gad­uan mema­sukkan lapo­ran Pen­gad­uan ter­tulis ke dalam aplikasi SIWAS MA-​RI den­gan melam­pirkan doku­men Pen­gad­uan. Doku­men asli Pen­gad­uan diar­sip­kan pada Pen­gadi­lan yang bersangku­tan dan dapat dikirim ke Badan Pen­gawasan apa­bila diperlukan.

Dalam hal Pen­gad­uan dilakukan secara elek­tronik,
memuat:
a. iden­ti­tas Pela­por;
b. iden­ti­tas Ter­la­por jelas;
c. dugaan per­bu­atan yang dilang­gar jelas, mis­al­nya per­bu­atan yang diadukan berkai­tan den­gan pemerik­saan suatu perkara maka Pen­gad­uan harus dilengkapi den­gan nomor perkara;
d. meny­er­takan bukti atau keteran­gan yang dapat men­dukung Pen­gad­uan yang dis­am­paikan. Mis­al­nya bukti atau keteran­gan ter­ma­suk nama jelas, ala­mat dan nomor kon­tak pihak lain yang dapat dim­intai keteran­gan lebih lan­jut untuk mem­perkuat Pen­gad­uan Pela­por.
e. meskipun Pela­por tidak men­can­tumkan iden­ti­tas­nya secara lengkap, namun apa­bila infor­masi Pen­gad­uan logis dan memadai, Pen­gad­uan dapat ditindaklanjuti.

Hak-​hak Pelapor

  1. men­da­p­atkan per­lin­dun­gan ker­a­hasi­aan identitasnya;
  2. men­da­p­atkan kesem­patan untuk dapat mem­berikan keteran­gan secara bebas tanpa pak­saan dari pihak manapun;
  3. men­da­p­atkan infor­masi men­ge­nai taha­pan laporan/​Pengaduan yang didaftarkannya;
  4. men­da­p­atkan per­lakuan yang sama dan setara den­gan Ter­la­por dalam pemeriksaan;
  5. men­ga­jukan bukti untuk mem­perkuat Pen­gad­u­an­nya; dan
  6. men­da­p­atkan Berita Acara Pemerik­saan (BAP) dirinya.

Hak-​hak Terlapor

  1. mem­buk­tikan bahwa ia tidak bersalah den­gan men­ga­jukan Saksi dan alat bukti lain;
  2. men­da­p­atkan kesem­patan untuk dapat mem­berikan keteran­gan secara bebas tanpa pak­saan dari pihak manapun;
  3. men­da­p­atkan per­lakuan yang sama dan setara den­gan Pela­por dalam pemeriksaan;
  4. mem­inta Berita Acara Pemerik­saan (BAP) dirinya; dan
  5. men­da­p­atkan surat keteran­gan yang meny­atakan bahwa Pen­gad­uan atas dirinya tidak terbukti.

Selengkap­nya Unduh :

  • Berita Ter­baru Mahkamah Agung

    #

Sis­tem Infor­masi Penelusuran Perkara

TypographyDen­gan diter­bitkan­nya Surat Edaran Direk­tur Jen­deral Badan Peradi­lan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 ten­tang Admin­is­trasi Pen­gadi­lan Berba­sis Teknologi Infor­masi maka peran Aplikasi Sis­tem Infor­masi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selan­jut­nya dise­but seba­gai SIPP, men­jadi semakin pent­ing dan dian­dalkan untuk proses admin­is­trasi dan penye­di­aan infor­masi baik untuk pihak inter­nal pen­gadi­lan, maupun pihak ekster­nal pen­gadi­lan. Pen­gun­jung dapat melakukan penelusuran data perkara (jad­wal sidang sam­pai den­gan putu­san) melalui aplikasi ini.

Lebih Lan­jut

Pen­car­ian Per­at­u­ran Perun­dan­gan, Kebi­jakan Peradi­lan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan YurisprudensiPen­car­ian cepat data Jaringan Doku­men­tasi dan Infor­masi Hukum Mahkamah Agung Repub­lik Indonesia

LPSE

TypographyLayanan Pen­gadaan Secara Elek­tronik Mahkamah Agung RI.

Kun­jungi

E-​LEARNING

TypographyE-​Learning Mahkamah Agung RI

Kun­jungi


Pelayanan Prima, Putu­san Berkualitas

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech